• LAINYA

LITERATUR-DOWNLOAD–Tafsir al-Mishbah adalah sebuah tafsir Alquran lengkap 30 juz pertama dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Warna keindonesiaan penulis memberi warna yang menarik dan khas serta relevan memperkaya pemahaman umat Islam.

Pengarangnya, M. Quraish Shihab, memulai dengan menjelaskan tentang maksud firman Allah SWT sesuai kemampuan manusia dalam menafsirkan sesuai dengan keberadaan seseorang pada lingkungan budaya dan kondisisosial dan perkambangan ilmu dalam menangkap pesan-pesan Alquran.

Dalam pengantarnya, Quraish mencatat bahwa keagungan firman Allah dapat menampung segala kemampuan, tingkat, kecederungan, dan kondisi yang berbeda-beda itu. Seorang mufassir dituntut untuk menjelaskan nilai-nilai itu sejalan dengan perkembangan masyarakatnya.

Dengan begitu, Alquran dapat benar-benar berfungsi sebagai petunjuk, pemisah antara yang haq dan bathil serta jalan keluar bagi setiap probelam kehidupan yang dihadapi, mufassir dituntut pula untuk menghapus kesalah pahaman terhadap Alquran atau kandungan ayat-ayat.

Tafsîr al-Mishbâh banyak mengemukakan ‘uraian penjelas’ atas sejumlah mufasir ternama sehingga menjadi referensi yang mumpuni, informatif, argumentatif. Salah satu referensi utamanya adalah Al-Mizan fi Tafsir Al-Qur’an, karya Muhammad Hossein al-Thaba’thaba’i dan tafsir Al-Tahrir wa Al-Tanwir, karya Thahir ibn Asyur..

Tafsir ini tersaji dengan gaya bahasa penulisan yang mudah dicerna segenap kalangan, dari mulai akademisi hingga masyarakat luas. Penjelasan makna sebuah ayat tertuang dengan tamsilan yang semakin menarik atensi pembaca untuk menelaahnya.

Begitu menariknya uraian yang terdapat dalam banyak karyanya, pemerhati karya tafsir Nusantara, Howard M. Federspiel, merekomendasikan bahwa karya-karya tafsir M. Quraish Shihab pantas menjadi bacaan setiap Muslim di Indonesia sekarang.

Dari segi penamaannya, al-Mishbah berarti “lampu, pelita, atau lentera”, yang mengindikasikan makna kehidupan dan berbagai persoalan umat diterangi oleh cahaya al-Qur’an. Penulisnya mencitakan al-Qur’an agar semakin ‘membumi’ dan mudah dipahami.

Baca Juga :  Apa maksud dari Dzikir/Ingat Tuhan, dan Apakah Dzikr-Allah itu lebih utama dari Salat?

Berikut ini link lengkap dan mudah mengunduh Tafsir Al-Misbah, 15 jilid:

TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-01
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-02
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-03
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-04
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-05
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-06
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-07
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-08
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-09
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-10
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-11
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-12
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-13
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-14
TAFSIR AL-MISHBAH-QuraishShihab-15

Share Page

Close